Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sikas Merupakan Tanaman yang memiliki 70 jenis dan banyak tumbuh di Indonesia, salah satu sikas Indonesia adalah cycas rumpii. Pada habitat aslinya di Afrika selatan, tanaman ini tumbuh subur di tanah yang kering , tepatnya di tepi jurang dan padang rumput. Sikas juga tanaman yang tergolong ke dalam keluarga cycadaceae, Yang mempunyai tampilan daun seperti bulu dan tumbuh mengarah keluar batang dengan ujung daun agak tajam. Daun sikas berwarna hijau gelap tapi terlihat mengkilat dari kejauhan dengan panjang daun yang bervariasi. ciri – ciri inilah yang membuatnya mudah di kenali para para pecinta atau kolektor tanaman hias. Salah satu kriteria keindahan sebuah tanaman hias terdapat pada bentuk daunya, hal ini terbukti dari keindahan daun yang di pancarkan oleh tanaman sikas.

Sikas merupakan tanaman yang bisa di tempatkan Indoor / outdoor, tanaman ini mempunyai daun yang tertata rapi dan teratur serta mempunyai bonggol yang unik sehingga mempunyai daya terik tersendiri bagi kolektor atau pecinta tanaman hias. sampai saat ini sikas memang mempunyai harga jual yang tergolong cukup mahal karena selain dari keunikannya sikas juga mempunyai perkembangan yang sangat lambat. sikas juga termasuk tanaman yang mudah hidup dan perawatannya cukup mudah, bagi yang mempunyai masalah dengan tanaman kesayangan anda di sini kita akan membahas cara merawatnya, tetapi sebelumnya kita belajar dulu cara menanam sikas.

Cara menanam sikas

Untuk menanam sikas tidaklah sulit, sikas juga bisa di tanam di pot maupun langsung di tanah. Untuk penanaman di pot, media yang di butuhkan adalah tanah merah, pupuk kompos, dan pasir malang. langkah pertama siapkan pot dan sesuaikan dengan ukuran pohon sikas yang mau di tanam, kemudian campur tanah merah dan pupuk kompos sebagai media untuk menanam pohon sikas. setelah tanah dan pupuk kompos tercampur dengan rata masukkan ke dalam pot sekitar seperempat dari tinggi pot, kemudian tanam pohon sikas dan atur posisinya supaya terlihat cantik dan rapi sesudah di tanam. setelah pohon sikas di tanam tambah kembali atasnya dengan campuran tanah dan kompos dan tekan tanah sampai padat hingga pohon sikas tidak goyang atau kokoh. kemudian yang terakhir taburi atasnya menggunakan pasir malang hal ini di lakukan supaya saat di siram tanah dan pupuk kompos tidak mengotori pot dan lainya.

Cara menanam sikas Langsung di tanah, pertama cari posisi penanaman sikas di tempat yang tepat dan menambah keindahan taman. setelah mendapatkan tempat yang sesuai gali tanah dan sesuaikan kedalaman galian dengan pohon yang mau di tanam, tanam pohon sikas di tempat yang sudah di siapkan dan atur posisi pohon hingga tepat, kemudian siram. untuk menanam sikas langsung di tanah akan lebih bagus lagi apabila tidak cuma satu pohon atau bisa 2 sampai 3 pohon langsung di tanam secara berdekatan dan di atur sedemikian rupa untuk mendapatkan keindahan yang lebih. atur juga kemiringan pohon sikas setelah tepat posisinya bisa di tambah tanaman hias dan acecoris taman lainya seperti batu kali serta lampu tembak buat taman sehingga sikas tampak lebih cantik dan indah.

Cara Merawat Pohon Sikas

Sikas merupakan tanaman yang mudah dalam perawatan karena tidak perlu rutin daunya, anda cuma perlu memotong daunya yang sudah kelihatan tua dan mengering itupun dalam waktu yang cukup lama. akan tetapi tanaman sikas ini tergolong rentan terhadap hama seperti kutu putih, dan di saat daunya masih muda bisa terserang hama ulet kecil berwarna hijau. untuk pencegahan yang harus di lakukan yaitu dengan cara penyemprotan obat hama ke seluruh daun dan pongkol batang sikas minimal 2x dalam satu bulan dan 1 minggu 1x ketika daunya masih muda, hal tersebut dapat mencegah datangnya hama seperti kutu dan ulet yang dapat mengganggu pertumbuhan dan bahkan bisa membuat sikas mati.

Hama seperti kutu putih memang sering kita jumpai menyerang tanaman sikas ini, dan setelah terserang yang harus kita lakukan untuk membersihkanya langkah pertama yaitu dengan cara membuang semua daun sikas dengan cara memotong dari pangkal daun dengan menggunakan pisau atau cater yang tajam, kemudian gali dan cabut terlebih dahulu pohon sikas kemudian cuci menggunakan air bersih sampai tanah yang di akar juga bersih. setelah sudah bersih tanah yang berada di akar, cuci kembali sikas menggunakan air yang sudah di campur sabun kemudian sikat akar dan batang sikas menggunakan air sabun sampai bersih, stelah itu semprot semua batang sikas dengan obat hama dan jangan lupa semprot juga lubang bekas tempat sikas di tanam. dan yang terakhir tanam kembali sikas besoknya atau tunggu semalaman.

Cara Membudidaya Sikas

Untuk membudidayakan tanaman ini sangat mudah, tetapi anda harus hati – hati dalam membudidayakan tanaman ini karena tidak semua jenis tanaman sikas sama keadaanya. Anda bisa melakukan pembibitan dengan menggunakan anak dari induk tanaman sikas tersebut yang biasanya tumbuh dibeberapa bagian. Anda bisa melakukan indukasi dengan menusuk tunas tanaman sikas dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi maka nantinya tanaman ini akan segera memunculkan tunasnya.

Sinar matahari dapat membuat tanaman ini menjadi lebih baik sehingga dalam pembudidayaan tanaman ini pilihlah tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. Ada beberapa langkah mudah agar anak tanaman sikas ini bisa terpisah. Pastikan akar dari tanaman ini tidak tertinggal pada saat kita mencabut tanaman ini, berikut beberapa langkah yang harus di lakukan dalam budidaya tanaman sikas.

Pembibitan merupakan langkah pertama yang harus di lakukan, setelah bibit sikas mulai tumbuh dan siap untuk di budidaya kemudian carilah anakan dari induk yang memiliki kualitas bagus yaitu memiliki daun lebatdengan diameter batang kurang lebih 3-4 cm yang di pisahkan dari akar. Proses pemisahan indukan dan anakan bagus di lakukan pada saat musim kemarau . anda juga harus teliti ketika tanaman tersebut terluka maka anda bisa menambahkan larutan agar sembuh, keudian setelah anakan di pisahkan dari induknya anda bisa siapkan media tanam seperti pot atau plastik polibek untuk tempat pembibitanya, serta siapkan juga tanah merah dan tanah kompos kemudian campur sampai rata.

Setelah campuran tanah dan kompos rata anda bisa mulai menanam dengan memasukkan campuran tanah dan kompos terlebih dahulu sebanyak seperempat dari media tanam yang anda siapkan, kemudian anda bisa mulai menanam bibit sikas dan atur posisi bibit sikas usahakan jangan miring agar bibit sikas dapat tumbuh dengan baik. setelah itu tambah lagi atasnya dengan campuran tanah dan kompos kemudian padatkan agar bibit sikas tidak mudah goyang dan mempengaruhi pertumbunnya.

Kemudian hal terakhir yaitu penyiraman yang sebaiknya sebanyak 3x kali dalam waktu 1 minggu agar tanaman bibit sikas dapat tumbuh dengan baik. tanaman sikas merupakan jenis tanaman yang tidak terlalu tahan dengan air yang banyak sehingga anda perlu memperhatikanya saat melakukan penyiraman. dan jangan lupa juga memberikan obat hama setelahnya dengan cara semprot seluruh batang dan daun bibit tanaman sikas untuk melindungi bibit sikas dari jamur dan kutu atau hama lainya.Berikut Info yang dapat kami berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Apabila anda membutuhkan jasa atau layanan kami bisa kontak langsung di:

Hp/wa           : 0812 2880 2692

Bbm               : DC 297635

Email             : anto.greenls@gmail.com

Website         :www.tukangtamanminimalis.com

Kami melayani: jasa pembuatan dan renovasi Taman, kolam ikan hias, Pemasangan batu alam, Kolam relief / cadas, pembuatan carport batu sikat, saung / gazebo,dll.

 Menyediakan: Rumput taman, Tanaman hias, tanaman pelindung, tanaman buah, tanaman rambat, tanaman bonsai, tanaman peneduh, tanaman air, tanaman obat,dll

GRATIS SURVEY DAN KONSULTASI seJABODETABEK

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.